Minggu, 27 Juni 2010

dunia tutup mata


apakah kamu sekarang berada dalam dunia tutup mata?


seperti biasa, hari inipun naik angkot menuju rumah tercinta ditemani panasnya siang, jalanan macet, dan angkot yang betah banget ngetem.
tapi hari ini ada yang berbeda, karena hari ini saya seangkot sama 3 orang tunanetra

memandang mereka saya jadi berpikir,
seperti apakah mereka memandang dunia?
seperti apakah mereka memandang sesama?

saya teringat sebuah kalimat, yang sering jadi bahan kelakar bersama teman-teman dahulu,
"penampilan memang bukan yang UTAMA, tapi yang PERTAMA dilihat"

ya,
saya memang tak seperti mereka.
saya memang bisa melihat....
tapi apakah saya benar-benar MEMANDANG DUNIA?
apakah saya benar-benar MEMANDANG orang yang ada di sekitar saya dengan sepatutnya?

bersyukurlah kita bisa melihat,
walaupun terkadang penglihatan kita menjadi 'perangkap' bagi kita; menjadi 'penghalang' bagi kita untuk memandang seutuhnya apa yang ada di sekeliling kita.

tak jarang penilaian kita terdistorsi oleh apa yang kita lihat bukan?

seringkali, kita mempersepsi sesuatu hanya dengan mata,
tapi tidak dengan hati....dan ya, pada akhirnya,
penampilan memang tidak menjadi hal yang UTAMA, tapi tetap yang PERTAMA dilihat

sadarkah?

kembali pada 3 orang tunanetra yang duduk didepan saya.
ya, mata mereka memang terpejam tapi mereka tidak tertidur
sedangkan saya,
ya, mata saya terbuka..tapi mungkin sesungguhnya selama ini, saya justru tertidur.

hari itu,
saya menyadari bahwa saya sedang terlena dalam sebuah dunia tutup mata.........

dan kamu,

apakah kamu sekarang berada dalam dunia tutup mata?



0 komentar:

Posting Komentar