Sabtu, 30 Oktober 2010

Terima Kasih, DePe :D

kali ini saya akan sedikit bercerita tentang makan siang saya beberapa hari lalu. aih, beberapa hari lalu? kenapa baru cerita sekarang?? 
yang diceritain juga keburu jadi p*p kali
...hesh! biarin dong... 
*serta merta keegoisan sebagai sang pemilik blog muncul*

baiklah, mari kita mulai.

beberapa hari lalu, 
karena terlambat dalam pergulatan memperebutkan jatah makan siang (hiperbol mode), akhirnya saya hanya kebagian jatah 1/2 piring nasi goreng. tentu saja tidak cukup, apalagi saya memang tidak sarapan dari pagi. 
cacing-cacing dalam perut masih berpaduan suara, menyanyikan irama keroncong pertanda perut minta diisi lagi. demi memenuhi H.I.M - hasrat ingin makan- akhirnya saya beranjak ke dapur, mencari sesuap sebakul  sepiring nasi.
namun apaboleh dikata, 
berhubung ngga ada yang masak, jadi si nasi kesepian tiada berteman..alias ngga ada lauk-pauk (T_T)
buset.....masa sih si gue makan nasi doang.....begitu pikir saya. tiba-tiba,
AHA!!!! (bukan nama provider internet)
saya teringat kiriman makanan dari teman saya, neng DePe beberapa bulan lalu....(hah?beberapa bulan??)
sekonyong-konyong grup paduan suara dalam perut menyanyikan irama nan syahdu,
"tralala-trilili, senangnya hati ini....."


furikake 'mezamashi gohan' kiriman neng DePe
 
benda apakah ini??? 

inilah, what-so-called- furikake....yang secara slebor bisa diterjemahkan menjadi 'sesuatu yang ditabur (di atas nasi anda)'
furikake inilah yang kemudian menjadi teman nasi saya, yang kemudian juga sanggup membungkam para pengamen dalam perut saya.....
kalo di indonesia mah, mirip-mirip abon gitu kali ya....bedanya disini mah abon selalu terbuat dari daging, sedangkan 'abon' jepang ini terbuat dari biji wijen, remah-remah rumput laut dan lain-lain. ribet kalo disebutin satu per satu komposisinya, hehehehe (padahal mah alesan aja males baca kanji, huh......)

waduh, makanan Jepang, halal ga tuh? tenang...tenang...dijamin ngga ada babi dalam furikake ini, karna sebelumnya saya uda manggil pawang babi untuk mengusir babi tersebut *bletaaaak!!*
kalau membaca komposisi yang tertera di bungkusnya sih, harusnya aman. ngga ada kanji 'butaniku' (daging babi) ataupun katakana bertuliskan 'pooku' (pork)...ngga ada juga kanji bertuliskan 'osake' :P

sebenarnya saya bukan termasuk penggemar makanan Jepang. karna menurut saya, jujur saja, makanan Jepang itu terasa agak-agak hambar gimanaaa gitu. tapi khusus buat yang satu ini, saya rasa bolehlah. sedikit dekat dengan selera lidah orang indonesia dan cukup berjodoh dengan nasi ala indonesia :)

kimchi furikake, furikake dengan 'taste' korea
dari ketiga jenis furikake yang dikirim oleh teman saya,
pilihan saya jatuh pada KIMCHI FURIKAKE ini, gurih dan sedikit berasa pedas. tapi jangan bayangkan pedas seperti keripik setan atau gurilem (lah, makanan apalagi ini?). rasa pedasnya samar-samar. meskipun begitu, rasa pedas samar-samar, rasa rumput laut dan tekstur wijen-nya membaur dengan harmonis (cieh...bahasanya uda kaya pakar kuliner aje...)

karena bentuknya yang kering, furikake ini bisa disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama, dengan catatan tutup rapat bungkusnya setelah dibuka. kalau terkena udara terbuka, lama kelamaan furikake akan jadi basah dan menggumpal. ngga asik lagi dimakannya :)
kebetulan, kemasan furikake merk ini memang berjenis zip bag. di bagian atas ada zippernya, seperti plastik2 bungkus obat. jadi setelah dibuka, jika isinya belum habis, bisa disimpan kembali. cocok untuk anak kost yang gemar menimbun bahan makanan berdaya tahan lama (curhat....)

bersyukur saya punya teman yang mau bersusah payah mengirim makanan 'cemen' kaya gini, who knows someday we'll actually need it, right? :P



terima kasih dePe, 本当に助かった :)

1 komentar:

nz mengatakan...

waaaah, minyuuuun... manteeeeebz...

jadi pengen.. mau dong icip2 klo masih ada..
dulu ada abon yg gambarnya doraemon tuh, lupa mereknya.. modelnya jg rempah2 gitu kan.. makanya di endonesa ga payu dan sekarang produknya entah kemana..

Posting Komentar