Rabu, 07 November 2012

Perjuangan Menebus Visa -Hari Ketiga-

10 Mei 2012.

hari ini saya dijadwalkan untuk tinggal landas pukul 8 malam;
sementara itu visa belum ada di tangan.

saya sudah pasrah.
whatever will be, will be.
saya yakin apa yang terjadi adalah yang terbaik.
setelah semua rintangan yang saya hadapi dalam proses mengurus perjalanan kali ini,
saya yakin ada kemudahan yang akan ditunjukkan oleh-Nya.

"Beh, pasrah aja ya...apapun yang terjadi. relakan aja.
sekarang mah kita ikhtiar aja berangkat ke bandara;
kalau visa dapat berarti memang rejekinya untuk berangkat.
kalau nggak, berarti memang belum waktunya.
mudah-mudahan diberi ganti yang lebih baik"
kata saya pada ayah sebelum berangkat menuju jakarta,
sembari menghias wajah dengan senyum.
saya tidak boleh membuat orangtua lebih khawatir
walaupun pada saat yang sama dalam hati kecil saya masih berkecamuk badai dahsyat
*pujangga mode:on*

pukul 3 sore, lebih sedikit.

kamipun tiba di bandara.
setengah jam kemudian saya coba hubungi kembali Pak D,

"Pak, saya sudah di bandara. gimana visa, beres?"
"Alhamdulillah beres Neng, baru tadi jam 3 lebih lima menit. sekarang bapak mau ke sana"

tak terkira betapa leganya hati saya!

pukul 4 lewat tiga puluh menit.

akhirnya visa tiba di tangan saya.
bergegas kami  melakukan check-in.....OMG....saya harus boarding pukul 6!
alhamdulillah, tidak ada masalah. bagasi ok.
tinggal menunggu waktu masuk gate saja :)




"Setelah kesulitan, selalu ada kemudahan"

1 komentar:

Anonim mengatakan...

perjuangan yang akan jadi pengalaman yang tak terlupakan ya say..selamat ya untuk visanya..
kalau gitu saya termasuk yang sangat beruntung ya..Alhamdulillah lancar tanpa halangan..
Setelah kedatangan tunangan saya pada bulan July lalu, kami pun berencana merencanakan kunjungan saya ke Belanda..
Rasa malas melanda saat pertama kali ingin membuat passpor tapi syukurlah semua mudah dengan kedatangan 3x ke kantor imigrasi dengan biaya 5.000 untuk formulir dan 255.000 untuk passpor nya taraaa passpor selesai tgl 6 September 2012...berhubung rencana keberangkatan saya bulan Januari 2013 jadi sambil menunggu waktu saya siapkan syarat2nya selengkap mungkin seperti:
dari pihak saya:
- passpor
- surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris
- slip gaji 3 bulan
- surat referensi bank dalam bahasa Inggris
- rekening koran 3 bulan biaya 150.000 (untuk keterangan saldo kedutaan tidak mematok harus puluhan juta atau ratusan juta, penghitungannya mungkin seperti ini jika sehari disana biaya 70 euro maka dikalikan sebulan penuh 30 hari jadi nominal dapat dikatakan 20jutaan..kenapa dikali sebulan karna kedutaan mengantisipasi agar kita sebagai pendatang tidak terlantar ataupun menjadi imigran gelap)
- insurance axa
- akte lahir
- kartu keluarga
- kartu tanda penduduk
- nomor pokok wajib pajak
- bukti booking tiket pp
- form pengajuan visa
- foto sesuai ketentuan (kebetulan yang saya bawa salah n foto ulang 50.000 untuk 4 lembar...mahaalll boo)
semua dokumen saya copy rangkap 2 untuk antisipasi..setelah itu saya menunggu data2 dari tunangan saya karna dia sebagai sponsor saya disana..
dokumen yang diperlukan dari sponsor:
- surat dari gemeente setempat yang mengetahui kalau dialah yang akan menanggung biaya kita selama disana
- surat kontrak kerja dia (kalau salary dirasa kurang dari 1250 euro setelah potongan kebutuhan maka perlu dilampirkan kontrak kerja dari saudara atau keluarga terdekat..karna saat itu kontrak kerja tunangan saya hampir habis masanya jadi dilampirkan pula dari kakaknya tapi akhirnya dikirim juga kontrak kerja barunya untuk lebih memperkuat)
- slip gaji 3 bulan dia
- passpor atau identitas diri
semua di scan lalu dikirim ke kedutaan belanda urusan visa dengan saya sbg cc nya. setelah itu saya membuat janji melalui web kedutaan (tengah malam baru buka pendaftaran janji untuk visa).
setelah semua lengkap saya print 2 rangkap juga dan 30 Oktober 2012 saya mendapat janji dgn kedutaan pukul 09.00 mepet banget saya tiba pukul 08.55 untung security baik. setelah di cek semua lalu menunggu giliran intervew dan dapat giliran pukul 10.15 lalu dipanggil di cek ditanya bayar 700.000 dan dapat selembar kertas disuruh balik jam 3 sore hari itu juga. dan taraaaaa visa pun saya dapat dengan lancar...padahal perginya masih Januari 2013 tapi sudah saya dapat di bulan Oktober...sungguh beruntungnya diriku asal semua lengkap n yakin melangkah saya yakin Tuhan pasti kasih jalan terbaikNya...

Posting Komentar