Minggu, 27 Desember 2009

Jam Karet

Tahu jam karet?

bukan, bukan jam anak-anak yang terbuat dari karet

tapi ini jam yang sering "dipakai" sama mayoritas orang dewasa di indonesia.
entah kenapa, nampaknya jam karet ini populer sekali di indonesia, bahkan begitu membudaya di segala lapisan masyarakat. mulai dari kalangan grass root  sampe kalangan pejabat.


pernah suatu ketika, kantor tempat saya bekerja dulu mengadakan sebuah perhelatan besar. tamu-tamu yang diundang, mulai dari tamu biasa hingga tamu VVIP, mulai tamu lokal sampai tamu interlokal....eh, internasional maksud saya.
pada acara itu, saya sebagai orang indonesia merasa miris....juga malu. saya melihat, para tamu luar negeri datang lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. mereka menempati kursi yang telah disediakan dan duduk dengan manis. sedangkan tamu lokal? datang setelah hampir satu jam acara dimulai. mereka duduk di kursi yang telah disediakan, dan.........mengobrol dengan orang di sebelahnya. HEBAT!

ketika saya curhat masalah ini pada teman saya, dia cuma bilang..."ah biasa, emang indonesia banget"

kejadian kedua, terjadi di kampus saya.
di mading yang dipajang dekat tangga menuju ruang kuliah, saya melihat selembar pengumuman ditempel disana. kira-kira berbunyi, "bagi mahasiswa yang belum mengambil buku tabungan dapat mengambilnya di bagian administrasi kemahasiswaan mulai pukul 08:00-15:00"
membaca pengumuman itu, saya merasa sangat senang dan terbantu, karena tidak perlu repot-repot mengantri di bank yang letaknya lumayan jauh dari gedung kuliah saya.
saya kuliah mulai pukul 7, dan biasanya selesai pukul 14:30. setelah selesai kuliah saya ngibrit ke lantai 1, tempat dimana bagian administrasi mahasiswa berada. saat itu, belum pukul 15...........tapi, apa yang saya temukan?
ruangan yang sangat berssiiiiiiiiih.....sekali. (maksudnya oranng-orang uda ngga ada, loket2 uda ditutup, hehehehe)
saya kecewa sekali....bukan karena harus ambil buku tabungan ke bank yang letaknya lumayan jauh, tapi kecewa memikirkan...inikah budaya kerja orang indonesia??


yang lebih parah lagi, jaman saya masih aktif di kegiatan kemahasiswaan dulu. tiap kali rapat, pasti ngaret....
kalo di undangan rapat ditulis rapat mulai pukul9, pasti ujung-ujungnya mulai pukul10. sampai-sampai teman saya berkata, "iya, kalo mau rapat mulai jam8 teng, berarti di undangan atau ngasi tau ke anak-anaknya rapat mulai jam7...pasti bisa deh, mulai on time jam8"
walaaaahhhh!




saya sengaja "curhat habis-habisan" pada tulisan ini.
sengaja, supaya kita merasa tersindir
sengaja, supaya kita merasa malu
sengaja, supaya pada akhirnya kita akan sadar..........dan mau berubah.
sehingga nanti, kita bisa mengucapkan,

"Jam karet??ih, NGGA INDONESIA BANGET deh..."


semoga saja, 
semoga.

0 komentar:

Posting Komentar