Rabu, 16 Desember 2009

mudik oh mudik

STOPP!!!!

anda boleh percaya atau tidak dengan tulisan yang akan saya kemukakan
bahwa mayoritas orang indonesia (masyarakat indonesia) adalah  ORANG KAMPUNG

ga percaya?? fenomena 'MUDIK' lah buktinya.....
coba anda perhatikan, terutama di hari2 besar keagamaan, 

libur cuti bersama
pasti terjadi ledakan arus mudik
di stasiun kereta, di pelabuhan, terminal2....

anyway, saya mau berbagi cerita tentang mudik saya kemarin 

(ya, saya memang ORANG KAMPUNG)
pernah dengar sebuah film dengan judul LITTLE MISS SUNSHINE?
sudah nonton? belum? baiklah....saya berikan sedikit contekan:

alkisah sebuah keluarga, yang terdiri dari ayah, ibu, kakek, paman, seorang anak laki2 dan seorang anak perempuan. mereka melakukan sebuah perjalanan, demi sang anak perempuan yang berambisi menjadi pemenang dalam kontes ratu cilik 'Little Miss Sunshine'
karena alasan ekonomi, mereka melakukan perjalanan lewat darat menyebrangi negara bagian dengan sebuah mobil VW Kombi. padahal, jaraknya itu loooh....booo....hampir 1000 mil
di tengah jalan, clutch mobil rusak. belum cukup dengan itu, klakson mobil pun rusak, terus meraung tanpa henti walopun ga dipencet....

Naaah....perjalanan yang saya alami sedikit mirip dengan yang mereka alami. Saya dan keluarga mudik pake VW Kombi juga. bedanya, di dalam mobil ada kakak, paman, bibi, dan dua orang sepupu saya. orangtua saya mengikuti di belakang dengan berkendara VW Kodok (yeah...keluarga pehobi VW, heuHEU)

setelah melawati macet di Rancaekek yang cukup menguji kesabaran. kamipun ahirnya sampai di daerah malangbong. maksud hati beristirahat melepas lelah...juga buang air, kamipun berhenti di sebuah pom bensin. saat itu, waktu menunjukkan hampir tengah malam.

ternyata eh ternyataaaa............mobil VW Kombinya mogok doooongg....
masalah tegangan aki (accumulator) katanya...
coba sana , coba sini, hingga menggedor toko sparepart pun sudah kami lakukan.
tapi sayang, aki yang kami maksud mereka tak punya...

sudah lewat tengah malam
kami lelah, capek, mengantuk...sedangkan kampung halaman tercinta masih sangat-sangat jauuuuh...dari pelupuk mata.

akhirnya kami pun bermalam di POM BENSIN
pertama kalinya dalam hidup, di malam takbiran kami habiskan di tempat seperti itu....baju baru yang sudah disiapkan untuk menyambut lebaran di kampung halaman akhirnya tak terpakai. kami sholat ied dengan pakaian seadanya.
Gak apa-apa, yang penting baju kami bersih...dan tentu yang utama NIATnya.

untungnya,dekat pom bensin ada mesjid. jadi kami ga perlu jalan jauh2 nyari mesjid. sholat ied di lingkungan yang ga kami kenal sama sekali....pengalaman aneh tapi nyata. 

ternyata betul adanya 'ukhuwah islamiyah' itu...bersaudara karena islam (ehm! maaf sedikit chuvinis, tapi sungguh tiada mkasud jelek!)


Daaan...tibalah saatnya ceramah. waduh, pake basa sunda lagi...saya ga terlalu ngerti..dan di tengah2 ceramah, saya dan adik sepupu pun tertidur dengan suksesnya...(maaf ya pak, bukan ga menghargai bapak ceramah..tapi asli kami memang kurang tidur semalam...)

akhirnya, kamipun bisa melanjutkan perjalanan kembali setelah beramai-ramai mendorong mobil kombinya sampai nyala lagi...
walopun setiap bertemu tanjakan kami sedikit was-was, mesinnya mati ga ya??
tapi berkat kakak saya yang rupanya sudah pengalaman, hal yang dikhawatirkan tidak terjadi...dan kamipun sampai di kampung halaman tercinta dengan selamat....

0 komentar:

Posting Komentar