Kamis, 02 Juni 2011

Live for Yourself, Do Good for Others

dahulu,
saya pernah bilang pada teman saya, bahwa 'saya hidup untuk orang lain'. 
saat itu, teman saya hanya tersenyum mendengar kalimat yang saya ucapkan. 
mungkin pada saat itu, saya belum mengerti betapa beratnya kata-kata yang saya ucapkan.
dan begitulah, bertahun-tahun saya hidup sebagai 'lilin'. 
tahu lilin?
lilin itu memberi cahaya bagi mereka yang membutuhkan, tapi lama-kelamaan batangnya habis dilalap api hingga kemudian tak tersisa.
saya bukan orang yang selalu berpikiran positif. 
dari luar saya mungkin nampak kuat, tapi sesungguhnya saya hanya seorang pengecut; 
yang berusaha mencari tempatnya di dunia dengan menjadi lilin.

saya lelah.
berkorban raga, berkorban perasaan. 
untuk siapa?
saya menangis sendiri. 
memendam semua dalam hati, segala payah yang saya rasa; 
galau yang selalu berkecamuk di benak. 
untuk siapa?

sungguh ironis bukan,
'saya hidup untuk orang lain'.

namun kemudian,
timbul pertanyaan dalam benak saya, jika saya hidup untuk orang lain, bagaimana jika kemudian orang lain itu tidak ada lagi?
berarti saya kehilangan alasan untuk hidup dong???
saat itu saya sadar,
bahwa kalimat yang dahulu saya ucapkan 'saya hidup untuk orang lain' sesungguhnya tidak tepat.


saya belajar untuk berdamai dengan diri sendiri.
saya tidak harus berpura-pura kuat untuk orang lain. 
saya tidak perlu berpura-pura menjadi orang baik hanya untuk diakui oleh orang lain. 
saya tidak perlu memendam tangis sendiri lagi.
sesungguhnya saya punya hak untuk menangis ketika saya merasa sedih,
untuk menangis bahkan ketika saya merasa bahagia,
untuk marah ketika orang berlaku tidak adil pada saya,
dan saya punya hak untuk menjadi diri saya sendiri.
berhenti menjadi lilin.

saya berhak untuk hidup demi diri saya sendiri,
dan tetap melakukan kebaikan untuk orang lain.

'live for yourself, and do good for others'

ya, saya mengerti kalimat itu berkesan 'egois'.
tapi hey,
saya tidak bisa berbuat banyak untuk orang lain jika diri saya sendiri sekarat bukan? :)

2 komentar:

nz mengatakan...

aah, aku lagi galau dan nemuin tulisan ini...
persiiiiis kayak begitu U_U

semoga menjadi pencerahan

si miNyun mengatakan...

:)

Posting Komentar